Jaga Integritas Pemilu, Dandim Dukung KPU Tuntaskan Proses Hitung Pasca Pemungutan Suara

Politik, Sosial89 views

KUNINGAN ONLINE – Pasca pemungutan suara Pemilu 2024, Dandim 0615/Kuningan, Letkol Infantri Bambang Kurniawan, menunjukkan dukungannya terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuningan untuk menuntaskan proses menghitung suara.

Hal ini, merupakan upaya untuk menjaga integritas dan transparansi hasil Pemilu 2024 seperti yang diharapkan rakyat.
Dandim Kuningan menyampaikan hal tersebut saat berkunjung ke Kantor KPU Kuningan di Jalan Jenderal Sudirman Kuningan, Senin (19/02/2024).

Iklan

Menurut Dandim, pasca pemungutan suara, dalam pesta demokrasi Pemilu 2024, lembaga KPU banyak disorot oleh masyarakat. Karena masyarakat pemegang hak pilih menginginkan hasil pemilu yang demokratis dan jurdil.

“Untuk itu, KPU harus on the track dalam bekerja menuntaskan penghitungan suara hingga terpilih para pemimpin dan wakil rakyat yang amanah,” papar Letkol Infantri Bambang Kurniawan.

Iklan

Dandim 0615/Kuningan memberikan dukungan penuh kepada KPU Kuningan dalam menjaga integritas dan transparansi dalam proses penghitungan suara pasca pemungutan suara Pemilu 2024.
Ia mendukung KPU untuk memastikan bahwa tidak ada kecurangan dalam setiap tahapan pemilu ini.

Letkol Infantri Bambang Kurniawan juga mengimbau kepada masyarakat yang menemukan dugaan kecurangan atau pelanggaran dalam pemilu untuk menggunakan prosedur yang ada untuk melaporkan hal tersebut melalui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atau Gakkumdu.

“KPU harus hati-hati dalam bertindak, harus sesuai aturan yang berlaku, karena setiap tindakan yang dilakukan KPU selalu diperhatikan oleh masyarakat saat ini,” imbuhnya.

Kepada masyarakat, Dandim Kuningan meminta untuk tetap bersabar menunggu hasil lengkap rekapitulasi suara hasil Pemilu yang sedang dituntaskan oleh KPU.

“(Peserta Pemilu) yang sudah selebrasi (karena menganggap menang) boleh saja, tapi jangan jumawa. Yang kalau juga harus legowo,” tutur Dandim.

Ia berharap seluruh komponen masyarakat bisa bersatu mendukung proses perekapan hasil suara pemilu oleh KPU bisa berjalan lancar dan kondusif.

Sementara, Ketua KPU Kuningan, Asep Budi Hartono mengungkapkan rasa terima kasihnya atas support yang diberikan Dandim Kuningan pada kunjungannya hari ini ke Kantor KPU.

“Kunjungan Pak Dandim ini merupakan dukungan bagi kami untuk menguatkan kami bisa bekerja sesuai amanah konstitusi,” terang Abuhar, sapaannya.

Ia menjamin seluruh proses tahapan Pemilu yang sedang berjalan sudah sesuai perundang-undangan, baik Undang-undang tentang Kepemiluan, PKPU maupun SK penyelenggara Pemilu lainnya. (OM)