Sebanyak 57 Pasien Dapat Layanan Gratis Operasi Katarak di RSUD Linggarjati

KUNINGAN ONLINE – Sebanyak 57 Pasien yang mengalami penyakit katarak mendapat layanan gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RYSD) Linggarjati, Kecamatan Cilimus.

Kegiatan layanan kesehatan tersebut dilaksanakan guna mempercepat penanggulangan kebutaan akibat katarak, Selasa (28/2/2023).

Iklan

Dalam kesempatan itu, Bupati Kuningan, Acep Purnama, ditemani oleh Direktur RSUD Linggajati, dr. H. Edi Martono MARS, meninjau pelaksanaan Operasi katarak tersebut dimana kegiatan itu dapat terselenggara atas kerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Rumah Sakit Mata Cicendo, Perdami (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia), dan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

“Jumlah pasien yang datang untuk operasi katarak adalah sebanyak 57 pasien, namun karena disebabkan oleh berbagai hal seperti tensi tinggi, gula tinggi atau non katarak, pasien yang ditindak menjadi sebanyak 47 pasien yang notabene kebanyakan para lansia,” ujar dr. Edi.

Iklan

Bupati Acep dalam tinjauan tersebut menyebutkan, bahwa kegiatan ini dapat terselenggara atas dasar terwujudnya pelayanan kesehatan gratis dan prima yang dapat diakses oleh masyarakat.

“Operasi ini merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam percepatan eliminasi kebutaan akibat katarak khususnya di Kabupaten Kuningan dan mengatasi backlog kasus katarak di Indonesia,” tsebutnya.

Bupati Acep mendorong agar masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Penglihatan yang sehat merupakan karunia, kami ingin membantu mereka yang kurang mampu untuk menikmati karunia itu,” ujarnya.

“Kami sangat berharap dengan adanya operasi katarak ini, jumlah orang yang mengalami kebutaan akibat katarak secara perlahan dapat dikurangi. Sehingga masyarakat dapat kembali beraktifitas secara normal dan produktif, yang pada akhirnya akan berdampak pada aktifitas perekonomian yang kembali bergerak,” tutupnya. (Jahid)