Mau Tanam Nanas, Bisa Di Dalam Pot

Informasi1,062 views

KUNINGAN ONLINE – Nanas adalah buah yang sangat menyegarkan. Selain rasanya yang segar, nanas juga bermanfaat untuk membantu pencernaan dang mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit dan tulang, serta mengurungi resiko penyakit jantung koroner. Selain itu, kandungan vitamin c dalam buahnya bisa memenuhi kebutuhan vitamin c yang dianjurkan dalam sehari.

Iklan

Tak melulu harus makan buahnya langsung, manfaat nanas juga bisa dirasakan dari olahannya, seperti jus nanas, puding, ataupun salad buah.

Iklan

Tak perlu bingung mencari nanas, selain bisa dibeli di toko buah, kini nanas bisa ditanam di rumah. Melansir dari laman instagram Kementerian Pertanian Republik Indonesia (10/01/2021), nanas bisa ditanam di dalam pot, berikut tahapannya.

*Menyiapkan Bibit Pohon Nanas*

Iklan

Pisahkan mahkota nanas dari sari buah nanas, kemudian bersihkan sisa-sisa buah daun mahkota yang ada pada bagian bawah (bonggol) terutama yang daunnya terlihat menua. Setelah siap, rendam bonggol pada larutan daun bawang merah selama 8 jam.

Rendam bagian bungkunya saja dan jangan sampai terkena bagian daun atau mahkotanya. Untuk menumbuhkan akar, rendam pangkal mahkota pada air biasa di dalam wadah selama 2 minggu.

*Media Tanam*

Siapkan media tanam berupa campuran tanah gembur, pupuk kandang dan kompos, serta arang sekam dengan perbandingan 1:1:1:1. Selanjutnya siapkan pot yang mempunyain lubang drainase pada bagian bawahnya dan mempunyai kaki-kaki, jika tidak ada, gunakan batu bata sebagai pengganti kaki pot.

Jangan lupa berikan alas pada bagian dasar pot menggunakan pecahan batu bata atau pecahan genting. Kemudian masukan media tanam sampai hampir penuh dan siram media dengan air secukupnya.

Lalu, buat lubang tanam pada bagian tengah pot dengan ukuran disesuaikan dengan mahkota yang akan ditanam. Setelahnya masukkan dan timbun bengkel sampai tertutupi media tanam. Letakkan pot di area yang terkena cukup sinar matahari.

*Penyiraman dan Pemupukan*

Siram tanaman nanas secara rutin tiga sampai tujuh hari sekali dengan intensitas air cukup. Agar tanaman nanas subur lakukan pemupukan setiap 3-4 bulan sekali (Ida/Mgg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *