Jenis Tanaman Hias yang Berkhasiat Obat Untuk Apotek Hidup

Informasi1,019 views

KUNINGAN ONLINE – Apotek hidup merupakan kegiatan memanfaatkan lahan untuk menanam tanaman obat yang digunakan untuk sehari-hari. Selain di kebun, apotek hidup juga dapat didirikan dirumah sehingga selain untuk apotek hidup bisa juga untuk mengias rumah. Ada beberapa tanaman hias yang bisa dijadikan obat.

Iklan

Melansir laman instagram Kementerian Pertanian Republik Indonesia (3/1/2020) 5 tanaman hias ini dapat bermanfaat untuk obat dan mempercantik rumah, berikut jenis tanamannya.

Iklan

1. Kumis kucing (Orthosipon stamineus Benth)

Kumis kucing memiliki khasiat antiradang dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Khasiat ini berkat berbagai kandungan senyawa alami dalam kumis kucing, yang meliputi flavonoid, triterpenoid, fenolik, sinensetin, eupatorin, glikosida, tanin, saponin, dan steroid.

Iklan

Beberapa manfaat kumis kucing diantaranya, mengobati asam urat, menurunkan tekanan darah, mengatasi rematik, menurunkan kadar gula darah, menyehatkan jantung, dan mengatasi masalah menstruasi.

2. Sirih (Piper Betle)

Sirih mengandung minyak asiri, seperti kadinen, kavikol, sineol, eugenol, kariofolen, karvakarol , terpinen, dan seskuiterpen sehingga dapat berkhasiat untuk menurunkan gula darah apda penderita diabetes tipe 2, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, penangkal kanker, mempercepat penyembuhan luka bakar, membantu menurunkan depresi, menjaga kesehatan mulut dan gigi, menjaga saluran pencernaan, meningkatkan energi, meredakan mimisan, obat radang prostat, dan obat batuk.

3. Cocor Bebek (Kalanchoe pinnata)

Cocor bebek sering kali ditanam sebagai tanaman hias. Selain sebagai tanaman hias, cocor bebek bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa pengobatan tradisional memanfaatkan cocor bebek untuk mengobati penyakit. Senyawa yang terkandung dalam cocor bebek, diantaranya asam lemon, asam apel, vitamin C, glukoside, tanin dan bryophyllin A (senyawa anti tumor).

Banyak pengobatan tradisional yang memanfaatkan tumbuhan ini karena dipercaya dapat mengobati infeksi, peradangan, hipertensi, batu ginjal, dan rematik.

4. Bunga Tapak Dara (Catharanthus Roseus)

Karena wujudnya yang cantik, tanaman tapak dara sering kali dijadikan tanaman hias. Tak banyak yang tahu, ternyata bunga tapak dara ini merupakan tanaman obat yang memiliki banyak kandungan yang berkhasiat, diantaranya mengandung senyawa flavonoid dan alkaloid yang bersifat antikanker.

Selain itu, bunga tapak dara bisa menjadi obat, yaitu vinblastin, obat kanker kelenjar getah bening dan vincristin, obat kemoterapi. Untuk manfaat bunga tapak dara sendiri sudah terpercaya untuk perawatan berbagai penyakit, diantaranya sariwan, diare, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, luka, pengobatan kanker.

5. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya atau Aloe vera merupakan tanaman yang mengandung beragam nutrisi. Sudah terbukti bahwa Lidah buaya memiliki banyak khasiat bagi kulit dan rambut. Karena itulah lidah buaya sering dipakai untuk bahan berbagai produk kecantikan dan kesehatan. Lidah buaya dalam bentuk gel ataupun ekstrak sering ditambahkan ke dalam sabun, sampo, losion, ataupun krim wajah.

Selain itu, lidah buaya juga bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan atau minuman. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit wajah, diantaranya melembapkan kulit, mempercepat penyembuhan luka, membantu menghaluskan permukaan kulit, mengandung antioksidan dan nutrisi bagi kulit, membantu meredakan radang dan gatal. (Ida/Mgg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *