Jaga Lingkungan, Gema Jabar Hejo Bersama Wabup Tanam 1.000 Pohon

Informasi449 views

KUNINGAN ONLINE – Dalam menjaga kelestarian dan pemeliharaan lingkungan alam. DPD Gerakan Masyarakat Jawa Barat Hejo (Gema Jabar Hejo) bersama Wakil Bupati M. Ridho Suganda menanam 1.000, di Desa Ciangir Kecamatan Cibingbin.

Iklan

Ketua Gema Jabar Hejo DPD Kuningan, Daeng Ali menjelaskan, menjaga lingkungan dan hutan bukanlah sebuah acara untuk seremonial saja, tapi memang diperlukan kesabaran dan hati yang tulus saat bergerak.

Iklan

“Karena menanam bukan cuman seremonial saja tapi memang ini harus tertanam dalam jiwa demi menjaga kelestarian alam dan lingkungan,” jelas Daeng Ali didampingi Sekretaris DPD Gema Jabar Hejo Nanang Subarnas, kepada Kuninganonline.com, Rabu (23/12/2020).

Pihaknya menuturkan, Ibaratnya seperti menanam untuk anak cucu. hal itu akan dirasakan nanti setelah anak cucu besar.

Iklan

“Bila pohon terus ditebangi, air terus digunakan, dan sampah dibuang tanpa ada pengelolaan, maka mau tidak mau, bumi yang kita pijak akan rusak,” tuturnya.

Adapun jenis pohon yang ditanamkan, kata Ali, ialah pohon Gmelina, pohon Akasia, pohon Sukun, pohon Kihujan, dan totalnya 1.000 pohon.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati M Ridho Suganda menyampaikan, kegiatan yang sangat luar biasa baiknya, dan ini juga merupakan harapan dari pemerintah daerah.

“Khususnya, saya untuk bisa terus menjaga lingkungan dan juga melestarikan lingkungan kita. karena saya yakin Kabupaten Kuningan harus terus bisa mempertahankan sebagai kabupaten konservasi,” ujar Edo sapaan akrabnya.

“Kita lihat penanaman yang sedang kita laksanakan juga merupakan langkah, upaya untuk memperbaiki jalur yang terkena longsor, desa di Ciangir. Saya pribadi mengucapkan terima kasih atas kepeduliannya, ada Ibu Dewan Sri Lelasari dan juga seluruh perangkat desa, ada pak Uhut dan Pak ADM Perhutani KPH Kuningan Ma’mun Mulyadi, serta Kepala KCD Hutbun Wilayah VIII Jawa Barat, Ahmad Bagja dan lain sebagainya,” tambahnya.

Pihaknya mengucapkan, terimakasih atas partisipasinya. Dia berharap, semuanya bisa terus menggalakkan penghijauan ini di semua wilayah dan semua desa yang diperlukan.

Sementara Pembina DPD Gema Jabar Hejo, Sri Laelasri mengungkapkan, ini sebagi bentuk nyata untuk tetap menjaga dan melestarikan alam.

“Karena kalau bukan kita siapa lagi, dan Alhamdulillah banyak yang ikut berpartisipasi dalam penanaman seribu pohon. Mudah-mudahan kedepannya, bisa terus digalakkan oleh pengurus Gema Jabar Hejo, Khususnya di Kabupaten Kuningan,” pungkasnya. (OM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *