Beginilah Sejarah Berdirinya BNN Kabupaten Kuningan

Informasi872 views

KUNINGAN ONLINE – BNN Kabupaten Kuningan merupakan salah satu BNNK yang pertama kali berdiri diantara BNN lainnya  bertempat diwilayah Kabupaten. Keberadaan BNN di Kabupaten Kuningan tidak lepas dari peran Pemerintah Kabupaten yang mendorong untuk terwujudnya masyarakat Kuningan yang bersih dari Narkoba.

Tidak serta-merta langsung  ada, BNNK Kuningan sebelumnya berasal dari BNK (Badan Narkotika Kabupaten) yang berdiri pada tahun 2005. BNK sendiri merrupakan bentukan Pemkab dimana Sekda saat itu Almarhum Drs. H. Yosep Setiawan, M.Si. pendiri sekaligus penanggung Jawab BNK. Almarhum Yosep bersama dengan aktivis anti Narkoba Juju Junaedi yang kemudian menjadi kepala BNK selama 6 tahun sebelum berubah menjadi BNNK.

Iklan

BNNK Kuningan merupakan lembaga vertikal yang berada dibawah koordinasi BNN RI. Berbeda dengan BNK yang selain bentukan Pemda dan pegawainya merupakan pegawai kontrak/honorer, BNNK memiliki komposisi pegawai yang mayoritas berasal dari ASN dan POLRI yang memiliki tugas dan fungsi P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika).

Pertama kali berdiri di gedung kontrak daerah Lamepayung selama setahun, akhirnya pada tahun 2012 BNNK Kuningan memiliki gedung sendiri yang berdiri di Jalan Aruji Kartawinata No.27. Gedung yang terdiri atas dua lantai ini, diresmikan langsung oleh Kepala BNN RI Saat itu yaitu Datuk Komjen Pol. Drs. Gregorius “Gories” Mere. Peresmian ini dilaksanakan pada tanggal 19 April 2012 yang disaksikan oleh Bupati masa itu yaitu H.Aang Hamid Suganda, S.Sos.

Iklan

Kepala BNNK Kuningan pertama sekaligus terlama yaitu Guruh Irawan Zulkarnaen, M.Si yang menjabat selama 5 tahun dalam satu periode kepemimpinannya yiatu mulai sejak berdirinya BNNK Kuningan tahun 2011 hingga tahun 2016, sebelum akhirnya kembali mengabdi ke Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Tampuk kepemimpinan selanjutnya diteruskan oleh Edi Heryadi, M.Si yang menjabat selama 4 tahun mulai dari awal tahun 2017 hingga akhir tahun 2020. Kepemimpinannya berakhir seiring dengan habisnya masa mengabdi sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Pada tahun 2021 ini, BNNK Kuningan telah dipimpin oleh dua orang yang berbeda yang berasal dari POLRI. Pada bulan januari berada dalam kepemimpinan AKBP Irfan Nurmansyah, S.I.K, M.M yang berakhir pada bulan April karena harus melanjukkan pendidikannya. Sedangkan sejak bulan Mei hingga sekarang, Kepemimpinan BNNK Kuningan dipimpin oleh AKBP Yaya Satya Nagara, S.H yang sebelumnya merupakan Kepala BNN Kota Cirebon. (OM/rilis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *