Ditengah Kesibukan, Sri Mahasiswi Uniku Dapat Hasil Cumlaude

Informasi, Opini1,115 views

KUNINGAN ONLINE – Menjalankan sebuah usaha dan aktif disetiap keorganisasian tidak bisa dijadikan alasan sebagai penghalang untuk mendapatkan prestasi.

Sri Maehastuti, S.Pd. contohnya, mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Kuningan yang mendapat predikat cumlaude karena berhasil mendapatkan IPK 3.77 ini membuktikannya.

Iklan
Iklan

Sebagai mahasiswa Sri tidak hanya fokus kuliah, dia juga menjalankan usaha di bidang craft atau kerajinan tangan berupa buket bunga dari kain flanel bernama Mae Handy Craft.

Disamping itu, Mae sapaan akrabnya juga aktif diorganisasi kemahasiswaan seperti, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HIMA PE), aktif juga di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yaitu Lembaga Dakwah Al-Kahfi, bahkan Mae sempat menjabat sebagai Ketua Umum Marching Band Bahana Sang Adipati Universitas Kuningan.

Iklan

“Sebenarnya mendapat IPK di atas 3.50 itu mudah tak mudah. Tergantung dari diri pribadi, bagaimana kita menyikapi suatu pembelajaran dan permasalahan yang akan dipelajari,” terang Sri kepada kuninganonline.com, Senin (21/12/2020).

Sri membeberkan tips dan trik cara belajarnya ditengah kesibukan kuliah, mengurus usaha dan aktif diorganisasi agar mendapat nilai tinggi.

Pertama, kenali gaya belajar diri sendiri, kita lebih suka mendengarkan atau membaca dan sebagainya. Jika sudah menemukan gaya belajar yang membuat nyaman, lakukanlah seperti itu.

Kedua, penting rasanya untun mencari partner diskusi yang dirasa pas dan nyaman diajak berbicara tentang materi pembelajaran untuk membantu kita saat tidak memahami suatu materi.

Ketiga, mempersiapkan UTS dan UAS sebaik mungkin setidaknya membaca atau membuat point point penting yang membantu kita memahami materi. Saat pengerjaan UTS dan UAS semaksimal mungkin untuk menjawab pertanyaan dengan menggunakan bahasa sendiriTerakhir, kita harus pintar mengatur waktu belajar.

Tidak harus selalu diporsir untuk belajar tetapi ikuti kegiatan lain seperti mengikuti organisasi kemahasiswaan atau UKM yang bisa menjadi tambahan penyemangat dalam berkuliah dan mendapatkan IPK Cumlaude.

“Itulah tips dan trik dari saya, semoga bermanfaat, karena kita sama-sama dalam proses belajar,” tutup Sri. (Ida/Mgg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *