CPNS Di Lingkup Kejari Digenjot Kedisplinan dan Moral Oleh TNI

Hukum, Informasi266 views

KUNINGAN ONLINE – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kuningan bersama Kodim 0615 memberikan pelatihan Kedisiplinan dan Moral bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kejari.

Iklan

Kegiatan digelar di Aula Mashud Wishnu Saputra Kodim 0615/Kuningan, Senin (15/2). Nampak hadir Kasi Intel Kejari, Mahardika Rahman, Dandim 0615 Letkol Czi David Nainggolan, Kasubagin Kajari Leni Herlina serta para Perwira Staf Kodim 0615/Kuningan.

Iklan

“Atas perintah dari Kepala Kejari Kuningan, kami melakukan kerjasama dengan Kodim 0615/Kuningan untuk membentuk karakter CPNS Kejari Kuningan dalam mencapai etika berorganisasi yang baik,” ujar Kasi Intel Kajari Kuningan, Mahardika Rahman.

Mahardika menyampaikan, agar para CPNS Kejari Kuningan mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Dirinya pun menghimbau agar peserta bisa mematuhi instruksi para pelatih dalam memahami etika-etika berorganisasi.

Iklan

Ditempat yang sama, Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi David Nainggolan menuturkan, dalam keluarga maupun berorganisasi, bahkan di mana pun berada, perlu menerapkan etika yang baik.

“Ini penting, karena etika merupakan suatu sikap dan perilaku yang menunjukkan kesediaan dan kesanggupan seseorang yang secara sadar untuk menaati ketentuan dan norma kehidupan yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat atau organisasi,” tutur Dandim David.

David menegaskan, tentang bagaimana nilai-nilai etika berkaitan dengan pengaturan. Bagaimana seharusnya bersikap dan berperilaku dengan baik seperti sikap hormat, kejujuran, keadilan dan tanggung jawab.

“Seperangkat nilai-nilai tersebut biasanya dijadikan sebagai acuan dan dianggap sebagai prinsip-prinsip etis dan moral,” tegasnya.

Tidak hanya itu, Dandim David menjelaskan, secara umum tentang mengatasi masalah dalam berorganisasi yang berdasarkan pada moral dan etika.

“Dalam praktek kehidupan organisasi, tidak ada tolak ukur yang mutlak tentang yang benar dan yang salah. Ini tidak terlepas dari berbagai faktor seperti agama, budaya, dan sosial pemahaman,” jelasnya.

Para CPNS Kejari Kuningan juga mengikuti Pelatihan Baris Berbaris (PBB) dan pelatihan etika secara spesifik seperti, etika perlakuan saat berkendaraan dengan atasan, etika perlakuan terhadap atasan dan senior.

“Etika perlakuan saat di ruang kerja atasan, dan etika perlakuan saat berbicara dengan atasan,” pungkasnya. (OM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *