Uniku Bersama Kementrian Koperasi dan UKM Wujudkan Sinergitas Dalam Pengembangan Kewirausahaan

KUNINGAN ONLINE – Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis, Kementerian Koperasi dan UKM memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan perumusan kebijakan, koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan serta pemantauan, analisis, evaluasi, dan pelaporan dibidang penciptaan iklim kewirausahaan dan pengembangan ekosistem bisnis.

Berkaitan dengan hal itu, di tahun 2021 ini melakukan sinergi dan kemitraan dengan 20 (dua puluh) Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang selama ini telah melakukan kegiatan inkubasi dan kewirausahaan melalui lembaga inkubator maupun Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, baik kepada mahasiswa maupun non mahasiswa sebagai dalam rangka menciptakan dan menumbuhkan wirausaha mapan, usaha yang inovatif dan berkelanjutan. Salah satu mitra Perguruan Tinggi adalah Universitas Kuningan (uniku.ac.id) yang akan fokus dalam membina wirausaha dibidang (fokus pada masing-masing lembaga, contoh : desa wisata, porang, atsiri, dsb).

Iklan

Program pengembangan kewirausahaan ini menjadi penting untuk mengatasi masalah bonus demografi yang saat ini terjadi, sehingga baik mahasiswa maupun non mahasiswa mampu menjadi entrepreneur yang tangguh, tidak hanya menjadi job seeker namun menjadi job creator.

Kegiatan yang akan menjadi sinergi bersama antara Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis dengan lembaga dibawah koordinasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta antara lain meliputi workshop, temu bisnis, temu mitra dan fasilitasi akses pembiayaan. Melalui program ini kami mengharapkan ekosistem bisnis yang mendukung penciptaan wirausaha pemula dan wirausaha mapan dapat tercipta sehingga kita dapat meningkatkan rasio kewirausahaan menjadi 3,9% pada Tahun 2024 sekaligus mengimplementasikan arah kebijakan pemerintah yang tertuang dalam RPerpres Kewirausahaan.

Iklan

Kami mengharapkan sinergi dan kemitraan antara Asdep Pengembangan Ekosistem Bisnis, Kementerian Koperasi dan UKM dengan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta ini hanyalah sebagai langkah awal yang nantinya  bisa dengan baik dan mampu berjalan berkesinambungan. (Rilis)