Eks Ketua KPU Kuningan Apresiasi Keputusan Thony Indra Gunawan

Politik, Sosial209 views

KUNINGAN ONLINE – Thony Indra Gunawan Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) dalam perjalanannya menyatakan pengunduran diri dari kontestasi politik di Kabupaten Kuningan pada Sabtu (22/6/2024).

Alasan kuat pengunduran diri Thony Indra Gunawan dari Bursa Pilkada 2024 ini, dikarenakan restu keluarga. Dia sendiri berprinsip keluarga adalah nomor satu, jadi harus menjadi prioritas dalam mengambil segala keputusan, termasuk pada bursa Pilkada 2024 ini.

Iklan

Keputusan pengunduran diri Thony mendapat tanggapan dari berbagai Tokoh. Mulai dari Ketua Dewan Syuro PKB, KH Didin Misbahuddin dan Eks Ketua KPU Kuningan sekaligus Praktisi Pemilu, Heni Susilawati.

Heni Susilawati mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran sosok Thony sebagai tokoh muda dalam proses kandidasi (Bakal calon Bupati/Wakil Bupati Kuningan).

Iklan

Bahkan, dia juga respek yang sedalam-dalamnya atas proses sosialisasi dan edukasi kandidasi kepada warga Kabupaten Kuningan melalui berbagai ikhtiar.

“Namun, right to be candidate membuka berbagai kemungkinan yg sangat dinamis. Termasuk kemungkinan tidak melanjutkan ke tahapan berikutnya. Dalam Pilkada Kuningan ada juga bakal pasangan calon yang tidak melanjutkan pencalonan di tahap perbaikan syarat calon. Itu pernah terjadi di daerah kita,” ungkap Heni, Senin (24/6/2024).

Jadi, lanjut Heni, jika sosok Thony mengundurkan diri (sebelum tahapan pencalonan dimulai 27-29 Agustus 2024), maka itulah dinamisnya.

“Dan tentu setiap kandidat baik sendiri atau dengan pasangan calon punya alasan mengapa mengundurkan diri. Baik alasan personal calon, atau alasan institusi dalam syarat pencalonan,” ujarnya.

Sebelumnya, Thony Indra Gunawan menyampaikan surat pengunduran diri dari proses pencalonan di Tiga Partai Politik yakni PKB, Nasdem dan PPP Kuningan.

Surat pengunduran diri tersebut secara langsung diserahkan Thony kepada Ketua DPC PKB, Ujang Kosasih, Sekretaris DPD Nasdem, Rudi O’ang dan Ketua Desk Pilkada DPC PPP Kuningan, Ali Akbar. (OM)