Dialog Kebudayaan, Sekda Dian Jadikan Momentum Untuk Memelihara

KUNINGAN ONLINE – Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan melakukan Dialog Kebudayaan dengan mengusung tema ‘Sinkronisasi dan Sinergis Pemajuan Kebudayaan sebagai Kontribusi dalam Upaya Peningkatan pembangunan di Kabupaten Kuningan’.

Iklan

Menurut Sekretaris Daerah, Dian Rachmat Yanuar, Dialog Kebudayaan ini menjadikan momentum untuk memelihara atau mengembangkan nilai-nilai tradisi yang ada pada seluruh masyarakat Kuningan.

Iklan

“Memelihara dan mengembangkan nilai-nilai tradisi daerah yang merupakan jati diri dan sebagai perlambang kebanggaan masyarakat daerah yang multikultural,” tutur Dian, di Wisma Permata, Selasa (16/3).

Kemudian, Dian menjelaskan, tujuan dari Pelestarian Budaya yaitu melindungi, mengamankan dan melestarikan budaya daerah, semangat cinta tanah air, nasionalisme dan patriotisme, serta mengembangkan kebudayaan daerah untuk memperkuat jatidiri kebudayaan nasional.

Iklan

“Untuk dapat melestarikan Budaya Daerah, antara Pemerintah, Masyarakat, serta Stakeholder terkait harus ada kekompakan serta visi yang sama dalam bekerjasama. Jika tidak ada kebersamaan, mustahil budaya daerah ini dapat lestari,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Uca Somantri menyampaikan bahwa dengan adanya Dialog Budaya ini , Dinas Pendidikan melalui Kebudayaan Kabupaten Kuningan ingin membumikan yang berhubungan dengan budaya, warisan atau konten kebudayaan di kabupaten kuningan sehingga dapat penyatuan persepsi satu sama lain.

“Saya meminta untuk kemajauan kebudayaan di sekolah, kecamatan, desa dengan mengisi program yang mungkin bisa dilakukan, dalam rangka ikhtiar kita dalam kemajuan budaya,” ujarnya.

Pihaknya berharap, dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pembangunan kebudayaan yang ada di Kabupaten Kuningan. (OM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *