Cibuntu Jadi Tempat Bimtek Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Tata Kelola Desa Wisata

Pendidikan387 views

KUNINGAN ONLINE – Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan yang dikenal sebagai Desa wisata peraih juara penghargaan dari Kementerian Pariwisata sebagai desa peringkat ke-2 CBT di Indonesia itu, dijadikan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) mengenai pengembangan ekonomi kreatif dan tata kelola Desa wisata.

Acara yang berlangsung Rabu (12/08/2020), dihadiri oleh Bupati Kuningan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan, Kepala Pusat Kajian Pengembangan Bisnis Pariwisata STP Trisakti, Ketua Tim Penggerak PKK, Camat Pasawahan, Para Kades dan Kelompok tani.

Iklan
Iklan

Kepala Desa Cibuntu H. Awam, mengatakan, Desa Cibuntu pada tahun 2017 mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pariwisata sebagai Desa peringkat kedua CBT di Indonesia. “CBT ini merupakan Community Based Tourism, yang dimana menjadi desa favorit untuk dijadikan tempat wisata berdasarkan pemberdayaan,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga, Awam menyampaikan, ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kemajuan Desa Cibuntu. “Potensi desa dapat dipergunakan juga untuk kemaslahatan masyarakatnya dan dengan adanya produk-produk asli hasil Desa Cibuntu seperti angklung dan madu, diharapkan agar pemerintahan daerah dapat membantu dalam proses pemasaran produk-produk tersebut,” ungkapnya.

Iklan

Sedangkan, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan Dr. Toto Toharudin, M.Pd., menuturkan, Desa Cibuntu ini merupakan juara ke dua tingkat nasional tempat wisata setelah pulau Bali.

”Besyukur dan bangga atas raihan prestasi yang sudah dicapai oleh Desa Cibuntu sebagai juara kedua tingkat nasional. Perlu diketahui bersama, Kabupaten Kuningan sudah menyiapkan dua Desa untuk mengembangkan daerah wisata lainnya seperti Desa Cibuntu yaitu Desa Cisantana dan Desa Cikaso,” tuturnya.

Toto juga menyampaikan, ucapan terima kasih kepada mahasiswa dari Trisakti yang telah membina masyarakat Desa Cibuntu sehingga bisa menjadi Desa Wisata

“Terimakasih saya sampaikan kepada mahasiswa Trisakti yang sudah membina Desa Cibuntu menjadi Desa Wisata. Pihak Disporapar juda sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif dan tata kelola untuk mengembangkan Desa Wisata,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH., mengatakan, dari kegiatan ini, saya akan memotivasi kepada setiap Desa di Kabupaten Kuningan agar menuju ekonomi kreatif, menjadi Desa wisata, predikat Desa Pinunjul dan sudah disiapkan dua Desa yaitu Cikaso dan Cisantana termasuk Desa yang sudah menjadi Desa wisata yang ada di Kabupaten Kuningan.

”Kami sudah mempunyai konsep untuk mengembangkan Desa Cikaso terlebih dahulu menjadi Desa wisata di Kabupaten Kuningan dengan mengembangkan bidang pertanian,” ujarnya.

Lebih jauh, sambung Acep menuturkan, dengan adanya covid ini Kabupaten Kuningan mengalami resensi ekonomi. “Tetapi bukan hanya Kabupaten Kuningan saja yang mengalami resesi ekonomi termasuk daerah lain yang ada di Jabar. Oleh karena itu, Kabupaten Kuningan akan mengembangkan objek wisata,” tuturnya.

Sebelum memulai acara, Bupati Kuningan sangat antusias berkeliling di lokasi acara di dampingi Kepala Desa Cibuntu H. Awam untuk melihat ekonomi kreatif yang Desa Cibuntu miliki dari mulai Produk Makanan, Pembuatan Kopi, Tembikar, Calung dan lainnya. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *