Himatika Unisa Gelar Webinar Kewirausahaan Berbasis Teknologi

KUNINGAN ONLINE – Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (Himatika) Fakultas Teknik Universitas Islam Al-Ihya Kuningan telah menggelar webinar dengan topik Kewirausahaan Berbasis Teknologi hari Kamis tanggal 13 Agustus 2020. Giat dimulai sejak pukul 20.00 WIB tersebut dipandu oleh Adzim Fathatul Anhar salah satu mahasiswa Teknik Informatika Unisa Kuningan. Hadir dalam giat tersebut dan bertindak sebagai keynote speaker salah satu dosen Unisa Kuningan, Figih Pratama, S.Sos., M.Si.

Webinar Himatika yang diikuti oleh 50 lebih peserta tersebut diisi oleh Rektor Unisa Kuningan Nurul Iman Hima Amarullah, S.Ag., M.Si, CEO Cirebon Techopreneurship Iis Aisyah, dan Head of Community Development & CSR PT Smartfren Telecom Dani Miftahul Akhyar, S.T., M.Si.

Iklan

“Kewirausahaan adalah sebuah proses dalam mengerjakan dan menciptakan sesuatu yang baru dengan kreatif dan penuh inovasi tujuannya agar bermanfaat bagi orang lain serta memiliki nilai lebih,” papar Rektor Unisa Nurul Iman saat menyampaikan materi.

Iklan

Lebih lanjut, Iman menjelaskan bahwa terdapat manfaat dari berwirausaha, yakni menambah peluang lowongan pekerjaan; adanya peluang untuk mencapai keuntungan dengan maksimal berdasarkan dari hasil kerja keras; menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat; dan dapat meningkatkan pendapatan kerja.

Iklan

“Manfaat lainnya dari wirausaha adalah mampu menjadikan karyawan yang mandiri, disiplin tekun, jujur dalam menghadapi pekerjaan; menjadikan pelajaran dan contoh bagi masyarakat untuk menjadi pekerja keras, giat dan rajin dalam berusaha; mempunyai peluang untuk menunjukkan potensi diri; dan memberikan kesempatan bagi diri untuk menambah jaringan relasi agar semakin luas,” jelasnya.

Selain itu, Iman menjelaskan bahwa dalam situasi di tengah wabah Covid-19, tiap-tiap orang harus mampu beradaptasi termasuk usahawan. “Mereka yang semula beraktivitas secara fisik, sekarang terasa terbatas. Namun hal tersebut bukanlah halangan dalam berbisnis. Keberadaan platform media sosial dan star up harus dioptimalkan dalam dunia usaha,” paparnya.

Senada dengan Iman, Iis yang konsen dalam dunia technopreneurship juga menyampaikan bahwa teknologi mesti diberdayaan sebagai inkubator bisnis. “Hal itu dapat dibangun dengan pendekatan menyeluruh dan integral, yang dilakukan dengan mengkolaborasi budaya, konsepsi, dan didukung oleh kapabilitas serta koneksitas,” ujar Iis.

Hadir sebagai narasumber ketiga, Dani menjelasan bahwa pasca pademi, ada tiga kemungkinan perlaku manusia, yakni kembali ke normal; sebagian kembali ke normal; dan semua tidak kembali ke normal. “Misalnya penggunaan masker, mungkin ada yang lanjut, ada juga yang tidak. Pembayaran non-tunai, mungkin ada yang lanjut maupun tidak. Kemungkinan 3 perilaku tersebut mesti ditangkap sebagai peluang bisnis,” ujar Dani.

 Setelah paparan tiga narasumber, webinar Himatika Unisa Kuningan diisi dengan sesi tanya jawab. Selain itu, webinar kian menarik dengan adanya kuis dari smartfren. Peserta yang menjawab pertanyaan dengan tepat dan cepat mendapat reward menarik dari smartfren community Kuningan.  

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh narasumber yang berkenan meluangkan waktu dan berbagi ilmu di kegiatan webina. Selain itu terima kasih juga untuk para sponshor dan media partner, Smartfren Community, CT Cirebon Technopreneurship, Sewindu, Kuninganmass, dan yang lainnya,” ungkap Ketua Himatika Unisa Rezha Ricky Sudarto.

Terkahir, pasca webinar usai, Rektor Unisa Nurul Iman Hima Amarullah menyampaikan apresiasinya kepada rekan-rekan Himatika yang telah menyelenggarakan giat literasi kewirausahaan berbasis teknologi, sesama narasumber, dan seluruh elemen yang turut menyukseskan acara.

“Tema webinarnya bagus dan pas dalam merespon situasi seperti sekarang. Mahasiswa harus memiliki kreativitas dan kemandirian gagasan dalam semua aspek, termasuk ekonomi. Semoga giat seperti ini bisa dilestarikan, sehingga muncul ide-ide segar yang dapat direalisasikan dan bermanfaat bagi khalayak,” harapnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *