Bakar Sampah Sembarangan, 2 Lahan di Desa Cibulan Hangus Terbakar

Informasi, Insiden435 views

KUNINGAN ONLINE – Kebakaran lahan kembali lagi terjadi. Kini musibah tersebut terjadi di Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu, Kab. Kuningan.

2 Lahan milik Ibu Hj. Katmini ini diketahui terbakar pada pukul 09.30 WIB, Kamis (03/09/2020).

Iklan
Iklan

Menurut Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan Mh.Khadafi Mufti, S.Pd,M.Si. Sekitar pukul 10.20 WIB, KasinTrantib Kec.Cidahu, Kuningan atas nama Bapak Tata (46) melaporkan kejadian kebakaran lahan di wilayah Desa Cibulan tersebut.

“Setelah mendapat laporan kejadian kebakaran dimaksud pada pukul 10.25 WIB 1 Randis Damkar, dan 5 anggota berangkat menuju lokasi, dan tiba di lokasi 25 menit kemudian” ujarnya.

Iklan

Di bantu Anggota Satpol-PP, Anggota Polisi Cidahu, Anggota Koramil Cidahu, Pemerintah Desa dan Masyarakat api dapat dipadamkan pada pukul 11.15 WIB. Penyebab kebakaran diduga karena adanya aktifitas masyarakat yang membakar sampah, kemudian ditinggalkan, dan berakibat merambat ke ilalang dilokasi lahan tersebut.

Diketahui luas lahan yang terbakaran itu 2500 M2. Sedangkan untuk total kerugian belum dapat dipastikan.

UPT DAMKAR Satpol PP Kuningan sendiri mengimbau kepada seluruh warga masyarakat sekitar, agar jangan menghilangkan sampah dengan cara dibakar, karena hal ini dapat menimbulkan musibah yang tidak terduga.

“Untuk bulan Agustus 2020 ini, diharapkan aparat lingkungan (RT/RW), Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan, agar mewaspadai musim kemarau yang dapat menyebabkan kebakaran. Dan apabila menemukan terjadinya pembakaran lahan/hutan dapat melaporkan kepada pihak yang berwajib.” Pungkasnya. (De)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *