Setahun Berdiri, Yayasan Cancer Support Dampingi 60 Penderita Kangker

Kesehatan, Sosial438 views

KUNINGAN ONLINE – Dalam setahunnya berdiri, Yayasan Cancer Support Kuningan berkonsisten dalam membantu masyarakat Kabupaten Kuningan yang memiliki gejala penyakit seperti kanker.

Peringatan setahun itu, disyukuri dengan berbagai kegiatan tasyakur, mulai dari pembagian nasi kotak pada hari Jumat (12/12), serta makan bersama para pengurus, penderita dan awak media.

Iklan

Menurut, Ketua Yayasan Sari Maryati mengatakan, selama setahun berdiri, pihaknya sudah melakukan pendampingan setidaknya sampai 60 penderita di Kuningan. Ia berharap, tahun depan bisa melakukan pendampingan pada lebih banyak orang.

Iklan

“Mudah-mudahan Kuningan lebih menyadari tentang cancer. Yayasan ini juga bisa menjadi wadah curhat penderita cancer. Support dari kami untuk semua pasien agar semakin semangat. Kita mengedepankan kemanusiaan,” ujar Sari di dampingi Wakil Ketua, Nining Suparman, Sabtu (12/12).

Iklan

Selama ini, Ia menyebutkan, bahwa pihaknya menggalang bantuan dengan bekerjasama bersama platform donasi online, kitabisa.com untuk membantu pembiayaan penderita cancer.

Bantuan itu, mulai dari operasional sampai pengobatan yang memang tidak dicover BPJS.

“Kalau kanker tidak bisa dinyatakan sembuh full dalam berapa bulan. Tetep harus kontrol, kita dorong semangat mereka untuk melakukan treatment, tapi kita juga merasa sedih karena beberapa yang tidak ketolong,” jelasnya.

Ia menerangkan, salah satu penderita asal Desa Linggamekar Kecamatan Linggarjati bercerita tentang penyakitnya, Cancer servix stadium 4b sebelumnya. Setelah pengobatan, kini turun lagi stadium 3b.

“Dikasih tahu gimana-gimana, makanan apa yang gak boleh dimakan. Sebelumnya, semangat saya udah melemah. Tapi sama yayasan saya dikasih dukungan, motivasi, sekarang timbul lagi,” ujarnya.

Cerita lain juga disampaikan Almi dan Salsih, penderita cancer payudara. Mereka mengaku, pada mulanya gejalanya adalah benjolan saja di payudara. Dan saat diperiksa dokter, diketahui adalah kanker yang harus diangkat.

“Sempet putus asa, mana anak masih pada kecil kan kasihan. Tapi ya karena adanya Yayasan ini, kita jadi semangat lagi berobatnya, kita dikasih motivasi yang kuat, dan berjuang untuk sehat,” pungkasnya. (OM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *