Sadar Bencana, Muhammadiyah Disester Management Center Gelar Penguatan Kader Muda

Informasi, Sosial589 views

KUNINGAN ONLINE – Dalam rangka sadar bencana di wilayah kabupaten Kuningan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Disester Management Center ( MDMC ) mengadakan kegiatan penguatan bagi kader MDMC Muda yang bertempat di kampus STIKES Muhammadiyah Kuningan. Sabtu (22/6/2024).

Kegiatan yang dihadiri oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Wawang Anwarudin, Ketua MDMC Kuningan Iwan Sapaat Gunawan, beserta jajaran pengurus, Sekretaris MDMC Jawa Barat Ade Irvan Nugraha, PDPM Kuningan Bidang Lingkungan Nova Rizky Sugema dan pengurus yang tergabung dari beberapa Mapala diantaranya Mapala Ayurveda (STIKES Muhammadiyah), Mapala Sagarmatha (STKIP Muhammadiyah) serta Gempa Al-ihya Kuningan (Universitas Islam Al-ihya Kuningan).

Iklan

Penguatan MDMC tersebut sebagai langkah awal antisipasi untuk menghadapi situasi yang mungkin saja terjadi di wilayah Kuningan, dikarenakan pentingnya hal tersebut sehingga MDMC bergerak untuk mempersiapkan materi kepada para kadernya. Kegiatan ini menuai respon baik dari 3 (tiga) mapala yang di ikuti kurang lebih 30 orang,

Iklan

Iklan

Ade Irvan Nugraha Selaku Sekretaris Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Barat mengapresiasi langkah awas yang bagus untuk meningkatkan kesadaran kebencanaan.

“Saya pikir ini sudah uar biasa, sebagai langkah awal yang bagus, mudah-mudahan konsisten untuk terus dilakukan dan tanggap bencana yang terjadi di daerahnya,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini terus berlanjut, jadi tidak hanya sebatas keinginan saja, melainkan di tuangkan dalam kerja-kerja kemanusiaan.

“Temen-temen juga harus dibekali dengan ilmu-ilmu tentang kebencanaan juga lewat pelatihan dan sebagainya”, harap Ade Irvan Nugraha Sekretaris MDMC Jawa Barat.

Materi yang disampaikan dalam penguatan tersebut sangat bermanfaat khususnya bagi kader muda MDMC kedepannya, dikarenakan terdapat pengetahuan terkait isu-isu yang sudah, belum bahkan yang sedang dilakukan oleh MDMC.

Selain itu di kesempatan yang sama Iwan Sapaan Gunawan, S.Pd Selaku Ketau MDMC Kuningan menyampaikan dengan kerja keras, kerja ikhlas dan komitmen kepada diri sendiri, maka memiliki tanggungjawab sosial.

“MDMC memiliki tanggungjawab kemanusiaan, maka perlu didasari dengan niat yang tulus dan ikhlas,” ujarnya.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kuningan melalui Koordinator yang bertanggung jawab di MDMC Wawang Anwarudin, M.Sc., Apt merasa bersyukur atas terlaksananya kegiatan penguatan MDMC bagi kader Muhammadiyah di Kabupaten Kuningan.

“Alhamdulillah pada hari ini kita dapat melaksanakan agenda terkait dengan penguatan MDMC di Muhammadiyah kabupaten Kuningan. Mudah-mudahan penguatan yang di berikan oleh Sekretaris MDMC Jawa barat ini menjadi memontum bagi kader-kader muda untuk bisa lebih peduli kepada masyarakat melalui wadah MDMC,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan memahami peran serta dalam MDMC ini menjadi ladang bagi ibadah bagi anak-anak muda yang Insya Allah menjadi suatu kegiatan yang positif dalam penyaluran peran mereka kepada masyarakat.

Pihaknya berharap, kader muda yang akan bergabung ini dapat mengoptimalkan gerak langkah dari MDMC PDM kabupaten Kuningan yang berkemajuan.

“Keberadaan Wadah ini dapat dirasakan oleh masyarakat dengan melaksanakan program-program mitigasi penguatan dalam pencegahan bencana dan pemulihan-pemulihan pasca bencana,” imbuhnya.

Bergabungnya kader muda, PDM Kuningan optimis dengan berbagai unsur keilmuan dari anak-anak muda akan optimal dalam gerak langkah kepada masyarakat khususnya di kabupaten Kuningan.

Pihaknya menyebut, akan menindaklanjuti dari momentum hari ini dengan adanya pelatihan berkelanjutan, kemudian melakukan pelatihan dasar kebencanaan, kegawatdaruratan penanganan medis.

“Selain itu, pelatihan bagaimana menangani trauma khusus bagi anak-anak melalui pendidikan yang dimana kader muda ini juga memiliki background dari fakultas keguruan dan itu juga menjadi poin dalam penanganan traumasenter di kebencanaan,” pungkasnya. (OM)