Posyandu Remaja Desa Karamatwangi, Hadir Guna Mengawasi Tumbuh Kembang Remaja

Kesehatan, Sosial569 views

KUNINGAN ONLINE – Posyandu Remaja Sagraha melaksanakan kembali pemeriksaan kepada anak-anak dan remaja di Desa Karamatwangi Kecamatan Garawangi, Sabtu (19/12/2020).

Pemeriksaan ini meliputi, pemeriksaan tinggi badan, berat badan, tensi darah, lengkar perut, dan lingkar lengan guna mengawasai tumbuh kembang anak-anak dan remaja yang menjadi pesertanya.

Iklan
Iklan

Terdiri dari 40 peserta dari usia 10 – 18 tahun, diawasi oleh 10 orang petugas yang merupakan para pemuda di Karang Taruna Desa Karamatwangi.

Bidan Desa Karamatwangi, Imas Hertati menuturkan, bukan hanya untuk pemeriksaan. Posyandu remaja dibentuk juga untuk melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada remaja yang putus sekolah.

Iklan

“Tujuan didirikannya posyandu remaja adalah untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada anak yang tidak sekolah tapi karena sasarannya sedikit jadi digabungkan dengan anak anak yang bersekolah,” tutur Imas kepada Kuninganonline.com.

Pos Pelayanan Terpadu Remaja, kata Imas, merupakan sebuah wadah pos kesehatan remaja yang memfasilitasi dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber yang ditujukan kepada siswa dan remaja pada umumnya.

Selain itu, lanjut Imas, pos pelayanan terpadu remaja berfungsi juga sebagai wadah untuk memberikan kesempatan remaja untuk berkembang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya melalui pendekatan terpadu dari segi medis dan agamis.

“Adapun hal lainnya, kegiatan Posyandu Remaja Sagraha setelah melewati masa percobaan selama 3 bulan dari Oktober sampai Desember akan melaksanakan kegiatan pengembangan minat dan bakat pesertanya, seperti menggambar dan menanam,” ujarnya.

Keberadaan Posyandu Remaja sudah dianjurkan oleh Dinas Kesehatan. Posyandu Remaha Sagraha dinaungi oleh Desa Karamatwangi, adapun desa yang lain yang telah mendirikan posyandu remaja, yaitu Cikananga, Mancagar, Lengkong, Sukaimut, dan Pakembangan. (Ida/mgg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *