Kemah Akbar, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan SMK Muhammadiyah Se Kabupaten Kuningan di Gelar Tiga Hari

Pendidikan, Sosial579 views

KUNINGAN ONLINE – Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) adalah salah satu organisasi otonom (ortom) di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah. Ortom Muhammadiyah lainnya adalah: ‘Aisyiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA), Pemuda Muhammadiyah (PM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Tapak Suci Putera Muhammadiyah, dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

HW didirikan pertama kali di Yogyakarta pada 1336 H (1918 M) atas prakarsa KH Ahmad Dahlan, yang merupakan pendiri Muhammadiyah. Prakarsa itu timbul saat dia selesai memberi pengajian di Solo, dan melihat latihan Pandu di alun-alun Mangkunegaran.

Iklan

“Gerakan ini kemudian meleburkan diri ke dalam Gerakan Pramuka pada 1961, dan dibangkitkan kembali oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan SK Nomor 92/SK-PP/VIB/1.b/1999 tanggal 10 Sya’ban 1420 H (18 November 1999 M) dan dipertegas dengan SK Nomor 10/Kep/1.0/B/2003 tanggal 1 Dzulhijjah 1423 H (2 Februari 2003),” ujar Ketua Pelaksana Nunu Setia Nugraha didampingi
wakil ketua Komar dan Sekretaris Tina Ayu, Senin (19/9/2023).

Ia mengatakan, Hizbul wathan adalah sebuah media untuk membina anak bangsa agar menjadi generasi yang bertaqwa, terampil mandiri, berbakat, tangkas, dan bersahaja dalam format kegiatan pendidikan yang menarik dan menyenangkan.

Iklan

“Oleh karena itu, upaya dan partisipasi semua pihak diperlukan guna mensukseskan kegiatan perkemahan ini,” kata Nunu.

Ia menjelaskan, Hizbul wathan dapat diwujudkan dengan kegiatan perkemahan di alam terbuka. Perkemahan merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengetahui bakat dan minat siswa.

“Maka dari itu kami Kwarda Hizbul Wathan Kabupaten Kuningan akan mengadakan kemah Akbar yang terdiri dari siswa dan siswi di lingkup SMK Muhammadiyah 1 Kuningan, SMK Muhammadiyah2 Kuningan dan SMK Muhammadiyah 3 Kuningan,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Nunun, tujuan diadakannya kegiatan kemah yaitu
Program kerja Kwarda Hizbul Wathan Kuningan, menciptakan anak bangsa yang bermanfaat bagi diri pribadi, masyarakat, agama, dan negaranya.

Kemudian, melatih sikap disiplin dan bertanggung jawab baik kepada diri sendiri maupun masyarakat luas. Serta, menumbuhksn jiwa kepemimpinan, kekeluargaan, serta solidaritas dan loyalitas terhadap organisasi terutama Hizbul Wathan.

“Kegiatan kemah sendiri akan dilaksanakan pada Senin-Kamis ((19/21/9/2023) di desa Linggamekar Kecamatan Cilimus. Peserta terdiri dari siswa dan siswi SMK Muhammadiyah,” pungkasnya. (OM)