Dosen Uniku Teken Kontrak Hibah Pengabdian Tahun 2020

Informasi, Pendidikan1,060 views

KUNINGAN ONLINE – Sebagai salah satu wujud nyata dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Kuningan (Uniku) siap menerjunkan dosen-dosennya untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Hal tersebut ditandai dengan ditandatanganinya Surat Perjanjian Kerja Penugasan PkM dengan dana hibah dari Uniku oleh 96 orang dosen sebagai Ketua Tim Pengusul, Selasa (20/10/2020).

Penandatanganan kontrak kali ini dilakukan secara terbatas, mengingat dengan kondisi pandemi Covid-19. Sehingga dilakukan di Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Uniku dilakukan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Ketua Tim Pengusul dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Iklan

Kegiatan penandatanganan PkM tersebut, disaksikan langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., didampingi Kepala LPPM Oding Syafrudin, S.Si., M.M., dan Kepala Bidang Pengabdian LPPM Tatang Rois, S.E., M.Si.

Ketua Pelaksana Program Hibah PkM Uniku tahun 2020 Tatang Rois, M.Si., mengatakan, bahwa program PkM ini diikuti oleh dosen dari semua Fakultas atau Sekolah Pascasarjana di lingkungan Uniku.

Iklan

“Untuk lokasi kegiatan pengabdian tahun ini, tersebar di beberapa wilayah antara lain di Kuningan, Majalengka, Cirebon, Tasikmalaya, dan Jakarta.” Ujarnya.

Untuk tema pada kegiatan PkM tahun ini meliputi bidang pendidikan, ekonomi, teknologi dan informasi, kehutanan dan perkebunan, hukum, dan pemanfaatan potensi kewilayahan.

“Diharapkan tema-tema tersebut, bisa mewakili setiap sektor dalam mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat, terutama masalah akibat pademi Covid-19,” harap Tatang Rois yang biasa akrab dipanggil Taro.

Sedangkan, Ketua LPPM Oding dalam konferensi persnya, mengatakan, kegiatan pemberian hibah PkM bagi dosen Uniku ini merupakan salah satu program tahunan LPPM. Program tersebut merupakan salah satu upaya mewujudkan Visi LPPM Uniku menjadi lembaga yang unggul terpercaya berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan pemberdayaan masyarakat pada tahun 2032.

“Sehingga  dalam kegiatan pengabdaian kepada masyarakat  saat ini harus bersifat problem solving, komperhensif, berkelanjutan dengan sasaran masyarakat secara langsung,” ucapnya.

Iklan

Sementara itu, Anna sapaan akrabnya Wakil Rektor I Uniku, mengatakan,  bahwa Uniku selalu mendorong para dosen aktif dalam kegiatan PkM sesuai dengan bidang keilmuan yang dimilikinya.

“Diharapkan dengan adanya hibah internal dari Uniku ini, dapat memberikan motivasi dan stimulus bagi para dosen untuk berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan pengabdian,” tuturnya.

Diterangkannya, selain kegiatan pengabdian, Uniku juga memberikan hibah untuk kegiatan Penelitian bagi para dosennya.

“Bahwa tindak lanjut dari kegiatan PkM ini, harus dapat dipublikasikan dalam artikel ilmiah,” terangnya.

Terpisah, Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, dirinya menyambut baik program hibah PkM yang sudah rutin setiap tahun dilaksanakan Uniku.

“Saya berharap program ini tetap dilaksankan setiap tahunnya, sebagai upaya perwujudan Visi Universitas Kuningan (Uniku) yakni menjadi Universitas unggul yang memiliki komitmen tinggi terhadap pemberdayaan masyarakat pada tahun 2032,” ujarnya.

Dijelaskannya, program PkM ini direncanakan akan selesai dalam kurun waktu satu bulan kedepan. Pelaksana program ini merupakan kelompok yang terdiri atas beberapa dosen dan mahasiswa.

“Jumlah usulan yang didanai sebanyak 96 kelompok. Dimana setiap kelompok tersebut bisa beranggotakan 2 dosen dan atau dua orang mahasiswa. Dana yang dikucurkan Uniku untuk setiap kelompok tersebut sebesar Rp 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah),” jelasnya.

Dikdik berharap, agar program PkM tahun ini dapat memberikan kontribusi besar dalam mengatasi masalah di masyarakat.

“Terlebih, saat ini banyak masyarakat yang merasakan dampak yang cukup besar akibat wabah Covid-19, baik dampak secara langsung maupun tidak langsung,” harapnya. (Rilis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *