Dahrul Inisiator Lahirnya Rumah Cerdas di Kalimanggiswetan

Informasi, Pendidikan1,035 views

KUNINGAN ONLINE – Dahrul Mu’min merupakan seorang anak muda dari Desa Kalimanggiswetan yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi pertama di Kabupaten Kuningan. Ia, merupakan mahasiswa semester tujuh (7) dari program studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku).

Dirinya, telah berhasil menjadi seorang inisiator pengagas lahirnya dan berdirinya “Rumah Cerdas” di Desa Kalimanggiswetan Kecamatan Kalimanggis Kabupaten Kuningan.

Iklan

“Alhamdulillah kang, Rumah Cerdas adalah kegiatan sosial dengan tujuan untuk melakukan kegiatan literasi,” kata Dahrul pada KuninganOnline.com, Minggu (09/08/2020).

Iklan

Rumah cerdas yang didirikannya itu, dibagi menjadi dua kategori yaitu baca buku dan ruang kelas. Baca buku sifatnya rutin setiap hari dan untuk ruang kelas hanya dilaksanakan pada hari Minggu mulai dari jam 8 pagi sampai dengan jam 10.30 WIB.

Iklan

“Dirumah Cerdas ada baca buku dan ruang kelas. Baca buku dibuka setiap hari, sedangkan untuk ruang kelas dibuka hanya pada hari Minggu saja. Diruang kelas itu berisi kegiatan seperti kelas bahasa Inggris, kelas matematika, kelas kreasi, membaca dan menulis dengan menggunakan media pohon literasi sebagai sarana untuk mereview bacaan siswa,” ujarnya.

Menurutnya, pada hari Minggu sekarang, kami menerima kunjungan tamu spesial dari bunda literasi desa. Kehadiran sosok bunda literasi desa ke “Rumah Cerdas” sangat memberikan dampak yang luar biasa bagi saya sebagai seorang inisiator pendiri “Rumah Cerdas”. Pelecut semangat kehadiran bunda literasi desa bagi saya. Selain itu, kehadirannya juga untuk mengikuti dan memberikan arahan kepada anak-anak terkait rumah cerdas dan pentingnya akan pendidikan.

“Terimakasih bunda literasi desa yang sudah mampir ke Rumah Cerdas dan memberikan arahan, bimbingan serta dukungannya agar rumah cerdas ini bisa terus berjalan. Tentu ini jadi pelecut semangat bagi anak-anak umumnya serta khususnya bagi diri saya pribadi,” ungkapnya.

Lebih jauh, ujar duta baca Kabupaten Kuningan, menjelaskan, bahwa kegiatan ini dilakukan di rumah cerdas yang baru saja saya inisiasi ditengah pandemi covid 19 adalah salah satu langkah untuk mengedukasi dan membantu anak-anak akan pentingnya pendidikan.

“Kegiatan ini bebas diikuti oleh siapa saja dan kelas berapapun tanpa dipungut biaya sepeserpun. Untuk remaja dan pemuda, rumah cerdas digunakan juga untuk menggagas gerakan menulis 1 pemuda 1 buku yang Insya Allah sedang digarap oleh remaja dan pemuda Desa Kalimanggiswetan. Semua kegiatan, dilaksanakan di rumah cerdas yang kebetulan rumah saya pribadi. Rumah cerdas tersebut, beralamatkan di Dusun Pahing RT 006 RW 002 Kalimanggiswetan,” jelasnya.

Dahrul berharap, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membantu peserta didik untuk tetap mendapatkan ilmu ditengah pandemi dan sekolah online. Dan tentunya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan tahap literasi anak-anak untuk tetap belajar.

“Rumah cerdas bisa diakses setiap hari untuk membaca buku dan menulisnya di pohon literasi. Dan, Alhamdulillah mendapatkan respon positif dari desa khususnya bunda literasi desa. Insya Allah, Rumah Cerdas akan di launching pada tanggal 18 Agustus 2020 mendatang sekaligus dengan diselenggarakannya perlombaan mewarnai dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke 75 tahun,” harapnya. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *